Lokakarya Mini Tahun 2023 Lintas Sektor, Dilakukan Puskesmas Serui Kota

oleh -446 Dilihat
oleh

DINKES YAPEN – Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan, puskesmas Serui Kota melakukan giat bersama pemerintah Distrik, Kelurahan dan kepala -Kepala Kampung di wilayah kerja Puskesmas Serui Kota.

Program lokakarya mini lintas sektor di wilayah puskesmas ini dilakukan guna membahas pencapaian pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan membahas target pencapaian program pelayanan kesehatan yang akan di capai.

Kepala Dinas Kesehatan Karolis Tanawani,SKM,MPH, membuka acara lokakarya mini lintas tersebut dalam sambutan nya bahwa menjelaskan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab puskesmas yaitu kita mengedepankan dua hal yaitu paradigma sehat dan paradigma sakit.

Dijelaskan paradigma sakit itu kita menunggu di tempat saja ketika pasien dirujuk ke rumah sakit maka nakes disana mempunyai kewajiban melayani pasien, kalau paradigma sehat itu orientasi kita bagaimana untuk mempertahankan status kesehatan masyarakat kita tetap hidup sehat.

Maka yang harus di prioritaskan itu adalah pelayanan promotif dan preventif ini juga menjadi tanggung jawab nakes di puskesmas Serui Kota, kata Kepala Dinas.

Terkait dengan pelaksanaan tugas itu maka keberadaan puskesmas ini tidak hanya berada di lingkup puskesmas saja tetapi pasti dia melaksanakan pelayanan keluar oleh sebab itu program-program pelayanan kesehatan yang kami laksanakan ini tidak akan sukses tidak akan mencapai cakupan seluruh rangkaiannya apabila tidak di dukung oleh seluruh lintas sektor.

Kepala Dinas Kesehatan menambahkan bahwa mini lokakarya ini kami mengundang kepala Distrik ,Kelurahan dan kepala kampung untuk kami sampaikan program-program kesehatan yang dapat kami laksanakan di lapangan butuh dukungan dan bantuan semua pihak. Salah satu contoh kasus penanganan stunting tidak akan sukses apabila tidak di dukung oleh semua pihak.

Tambah Karolis Tanawani, bahwa di bulan oktober 2023 awal ini Puskesmas Serui Kota akan disurvey akreditasinya maka butuh kerja sama yang baik, baik nakes di puskemas dan butuh dukungan dari distrik dam pemerintah kampung yang berada di wilayah kerja Puskesmas Serui Kota.

Kegiatan lokakarya lintas sektor di puskesmas Serui Kota ini turut hadir sekretaris dr.Andi Raya.M.Kes Kabid Yankes Yanes Yowei.S.Kep.Ns, Kabid SDK ; Daud Kadiwaru, S.Kep, Kabid P2 Dr.Franklin Numberi SKM,Mars, serta turut hadir kepala kelurahan Serui Kota dan beberapa kepala kepala kampung yang ada di lingkungan Serui Kota dan juga Babinsa Yapen Selatan dari Kodim 1709 Yawa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *